BERITA

Disnakeswan tetap Melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban 2020 di Kabupaten Sumbawa

Rabu, 29 Juli 2020   dee deph   15  

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa bersiap untuk melaksanakan pemeriksaan hewan Qurban yang akan disembelih pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H atau bertepatan pada tanggal 31 Juli 2020. 

Untuk memastikan hewan qurban yang akan disembelih dalam keadaan ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal), Disnakeswan telah menyiapkan 191 petugas yang tersebar di 24 Kecamatan wilayah Kabupaten Sumbawa. Untuk wilayah kecamatan Unter Iwes, Labuan Badas, dan Sumbawa, pemeriksaan dilakukan di Kantor Dinas Kabupaten Jalan Dr. Wahiddin No. 25 Sumbawa Besar, sementara selain 3 kecamatan tersebut pemeriksaan dilakukan di UPT masing-masing kecamatan.

Pemeriksaan juga dilakukan di tempat penjualan hewan qurban. Hewan qurban yang telah diperiksa di tempat penjualannya di beri tanda ''SEHAT''. 

Pemeriksaan hewan qurban dilakukan 2 (dua) kali, pertama sebelum disembelih dengan mengambil sampel darah hean qurban untuk kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan bebas penyakit hewan menular, pemeriksaan kedua dilakukan setelah penyembelihan untuk memastikan hewan qurban tidak terserang penyakit cacing hati.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat yang akan berqurban untuk melaporkan kepada petugas pemeriksaaan kesehatan hewan qurban Disnakeswan Kabupaten Sumbawa, agar dapat dilakukan pemeriksaan. dan dapat dipastikan bahwa pemeriksaan kesehatan hewan qurban tersebut akan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID 19

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Sosialisasi Registrasi Ternak Tahun 2020

    Registrasi Ternak Tahun 2020

    Pelaksanaan Kegiatan Penanganan COVID-19 Di Disnakeswan Kab. Sumbawa

    Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa mendukung upaya-upaya penularan COVID 19

    Apel Pagi Disnakeswan Kabupaten Sumbawa

    Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa melaksanakan apel pagi perdana setelah hampir 3 bulan masa Covid 19