INFORMASI

LKJiP 2019


Salam Peternak Hebat dan Bermartabat,

LKjIP Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 ini menyajikan berbagai capaian kinerja sebagai kebutuhan untuk analisis dan evaluasi kinerja dalam rangka peningkatan kinerja Pemerintah Daerah, khususnya Kabupaten Sumbawa, secara keseluruhan. Capaian-capaian kinerja yang tergambar dari ukuran indikator-indikator program/kegiatan sesungguhnya merupakan kinerja seluruh komponen pembangunan (pemerintah, masyarakat dan dunia usaha) sebagai bagian integral dari proses pembangunan.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, sebagaimana tercermin dalam misi nya bertekad dapat mewujudkan Industrialisasi Peternakan Sumbawa yang berdaya saing, mandiri dan berlandaskan kekeluargaan maka dalam Rencana Strategis Tahun 2016 – 2021 telah ditetapkan tujuan secara garis besarnya meliputi: 1) Meningkatnya produktivitas ternak; 2) Menurunnya kasus kejadian penyakit 3) Meningkatnya jumlah kawasan produksi peternakan dalam penyediaan pakan ternak berkualitas; 4) Meningkatnya kapasitas kelompok peternakan; 5) Meningkatnya efektivitas pemasaran produk peternakan; 6) Meningkatnya kualitas kinerja aparatur dinas peternakan dan kesehatan hewan yang amanah dan profesional.

Adapun yang menjadi kendala dan hambatan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan pada tahun 2019 adalah sebagai berikut :

  1. Belum optimalnya koordinasi yang dilakukan kepada instansi terkait dalam pelayanan pengawasan lalu lintas ternak ;
  2. Keterbatasan kualitas SDM aparatur
  3. Keterbatasan  sarana dan prasarana yang ada , seperti kantor UPTD, Puskeswan dan sarana mobilitas yang ada di kecamatan.

    Upaya  yang dilakukan  dalam memecahkan masalah adalah :

  1. Meningkatkan koordinasi kepada instansi terkait dalam rangka  pengawasan lalu lintas ternak
  2. Perlu peningkatan kapasitas Sumberdaya Aparatur melalui pelatihan dan Bimtek yang sesuai dengan bidang tugasnya
  3. Perlu dibangunnya sarana dan prasarana yang dapat mendukung pelayanan.
  4. Dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas pegawai diperlukan Implementasi reward and Punishment  yang adil.

Berdasarkan pada pengukuran, evaluasi dan analisis capaian kinerja yang telah dilakukan, dapat dikatakan bahwa Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa telah “ efektif “ atau berhasil dengan total capaian  sebesar  111,96 % dalam melaksanakan tugas-tugaspemerintahan yang tercermin dari capaian kinerja kegiatan dan sasarannya, sedangkan hasil capaian kinerja keuangan  (realisasi anggaran) sebesar  97,33 %.

Hasil yang diperoleh ini tentu tidak terlepas dari dukungan seluruh Unit Kerja di lingkungan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa yang telah mengimplentasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Selanjutnya dalam rangka penyempurnaan kedepan diperlukan upaya antara lain :

  1. Meningkatkan kinerja masing-masing bidang  dan melakukan penajaman program kegiatan sebagai upaya peningkatan kinerja di tahun mendatang dengan mengoptimalkan Peluang (Opportunity).
  2. Meningkatkatkan kemampuan dan disiplin/etos kerja Sumberdaya Manusia Aparatur sebagai motor penggerak kegiatan pembangunan untuk membentuk citra aparatur yang disiplin, professional, produktif dan berdedikasi tinggi.
  3. Meningkatkan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap seluruh aspek yang mengarah pada peningkatan performance.

          Demikian Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Dinas  Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 ini disusun, dengan harapan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Wassalam, Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Sumbawa

H. JUNAIDI S.Pt

klik LKJIP 2019

  • Share on :